ESSAY ARTIKEL POPULER MENGENAI PERAN DATA KEPENDUDUKAN DALAM BIDANG KESEHATAN

 Masalah yang menyerang organ paru-paru dan disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis 


Organ paru-paru adalah organ paling penting yang ada ditubuh, Masalah penyakit yang terjadi pada organ paru-paru salah satunya TBC. TBC menyerang paru-paru yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis bahwasanya TB ditandai juga dengan faktor lingkungan dan kependudukan. faktor lingkungan meliputi kepadatan hunian sedangkan kependudukan meliputi jenis kelamin, dan umur. TBC bukan hanya di derita oleh orang dewasa saja, tetapi TBC ini juga penyakit menular dan bisa di derita kepada anak-anak dan orang lansia juga. Jumlah penderita TB di dunia diperkirakan 10 juta jiwa (rentang 8,9 – 11,0 juta) pada tahun 2019. Jumlah kasus baru TB di Indonesia sebanyak 420.998 kasus pada tahun 2017. Prevalensi TB pada laki-laki tiga kali lebih tinggi dari pada perempuan yaitu 245.298 jiwa. Sedangkan jumlah penderita TB jenis kelamin wanita yaitu 175.696 jiwa. Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, prevalensi TB paru di Indonesia sebesar 0,42% atau 1.017.290 jiwa.


Penyebab TBC ini adalah bisa ditularkan melalui udara seperti batuk,bersin,dan berbicara. kita harus mewaspadai diri kita terhadap orang yang terkena TBC ini, dikarenakan penyakit ini menular jika sistem kekebalan tubuh kita menurun, tubuh akan gampang terkena penyakit menular.
Gejala jika terkena penyakit ini adalah dengan ditandai Batuk berdarah, Nyeri di dada, Sesak nafas, Batuk yang berlangsung lama sekitar 3 minggu atau lebih, Mudah lelah, Berat badan turun drastis, Kehilangan nafsu makan, Demam, Menggigil, Berkeringat di malam hari.

Penanggulangan TB adalah segala upaya kesehatan yang mengutamakan aspek promotif dan preventif, tanpa mengabaikan aspek kuratid dan rehabilitative yang ditujukan untuk melindungi kesehatan masyarakat, menurunkan angka kesakitan, kecacatan atau kematian,memutuskan penularan, mencegah resistensi obat dan mengurangi dampak negative yang ditimbulkan akibat Tuberkulosis. Pencegahan dapat dilakukan dengan makan-makanan yang bergizi, melakukan vaksinasi, minum vitamin, dan juga berhenti merokok yang bisa membuat paru-paru mengalami tuberkulosis, dan hindari orang yang menderita TBC tersebut. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRA BTOPH 4 2023

Prof.Dr.Haryono Umar, SE.,Ak.,M.Sc.,CA ( Materi IV Generasi muda berintegritas anti korupsi)