RAMADHAN KAREEM 1445 H

 Ramadhan Kareem 1445 H dimana puasa pertama kali tanpa keluarga, tidak dibangunin sahur oleh orang tua, karena puasa pertama bagi anak rantau. Bagi anak rantau kebiasaan ini akan terus terjadi disetiap tahunnya sampai semester akhir. Ramadhan kali ini diberi tugas oleh Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya sebuah topik membuat artikel,video,dan foto dimana bertema "Liburanku" dan "Ramadhan Kareem 1445 H". Disini saya mengambil tema tentang Ramadhan Kareem 1445 H, disini saya akan menceritakan kegiatan saya dibulan puasa sambil kuliah.


Saya Intan Jessita Sari, mahasiswi S1 Kesehatan Masyarakat UNUSA angkatan 2023 akan mejelaskan kehidupan pribadi saya saat dibulan puasa ini dan di lingkungan kampus saya. Sejak berpuasa di bulan ramadhan hari pertama di tanggal 12 Maret 2024 - 29 Maret 2024, saya menjalankan ibadah puasa ini. Pada awal puasa 12 Maret 2024 saya berhalangan tidak mengikuti puasa dikarenakan saya sedang haid,betapa sedihnya tidak berpuasa karena haid dibulan yang suci ini.




Saya tinggal di Jombang, jarak surabaya dengan jombang 2 jam lebih, tetapi saya di Surabaya saya kos di tenggilis,surabaya. Setiap hari saya kuliah di pukul 07.00, dimana saya merasa sedih dan senang, senangnya karena saya bisa berkuliah dan bersyukur sudah dikasih kesempatan untuk berkuliah, dan sedihnya adalah tiap hari matkul pagi dan saya merasa ngantuk, karena sedang puasa dan harus menahan makan dan minum dan merasa pagi banget berkuliah di pagi hari.


Tiap pagi berkuliah, diamana hari senin itu adalah hari terlama di kampus matkul pagi sampai sore, sebagai mahasiswi saya merasa senang juga karena setiap pulang kampus di hari senin ini, beli takjil di gag lebar, gag lebar adalah tempat orang berjualan takjil  mahasiswa unusa dan uinsa. Hari senin begitu melelahkan, itupun tidak menurunkan niatku untuk berpuasa disetiap harinya. Dimana tanggal 27 Maret 2024 dilaksanakan bukber angkatan 2024, disana mereka juga membagikan takjil kepada setiap orang, kita buka bersama di rumah makan pak D yang ada dirungkut, disana juga bercanda ria bersama teman-teman angkatan, bukan hanya bercanda tetapi membuat video tiktok juga buat mengabdikan momen ini,dikarenakan acaranya seruu, dan pulang dari buka bersama saya dan beberapa temen saya ngopi dipinggir jalan,suasa malam bersama teman kuliah sambil minum kopi seruu, kita bisa mengobrol dan lain-lain.


Disetiap harinya terus begitu dan dikelas sebelum dosennya datang teman-teman bercanda dan mengaji disetiap harinya. Dan dikelas teman-teman mempersiapkan presentasinya, sedangkan dosen masuk temna-teman sudah siap dan teman lainnya mengajukan pertanyaan, kegiatan itu terus berlangsung disetiap harinya. Dan ketika menunggu mata kuliah selanjutnya saya dan teman saya ke perpustakaan UNUSA dimana tempat yang paling enak dan sepi, kita juga mengerjakan tugas dan membaca buku sembari menunggu mata kuliah selanjutnya.

Mungkin ini saja keseharian saya saat bulan puasa, Saya harap bulan puasa selanjutnya akan menyenangkan juga dan diberikan kesempatan untuk mengikuti bulan puasa selanjutnya. Berikut cuplikan video yang saya abadikan di momen bulan puasa ini bersama teman-teman saya.

https://youtu.be/cNXOMgNqD6c?si=Zqg_xocoyvpnR2tI

Terima Kasih semuanyaa yang sudah membaca keseharian di bulan puasa ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRA BTOPH 4 2023

ESSAY ARTIKEL POPULER MENGENAI PERAN DATA KEPENDUDUKAN DALAM BIDANG KESEHATAN

Prof.Dr.Haryono Umar, SE.,Ak.,M.Sc.,CA ( Materi IV Generasi muda berintegritas anti korupsi)